Atasi Banjir dan Percepat Penataan Sungai Citarum, Sektor 7 Gunakan Excavator, Keruk Sedimentasi

TNI Polri553 Dilihat

Kab Bandung, Sekilasbandungraya.com – Sektor 7 Citarum Harum kerahkan unit Alat Berat (Alber) guna menormalisasikan Sungai Citarum yang ada di wilayah Desa Cangkuang Wetan, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Sabtu, 22 Juni 2024.

Terpantau di lokasi, alat berat dikerahkan untuk mengeruk endapan tanah dari Sungai Citarum dan sejumlah dump truck digunakan sebagai pengangkut tanah yang sudah dikeruk dari sungai.

Mewakili Dansektor, TabanOps Sektor 7 Citarum Harum Pratu Cakra mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari program Citarum Harum dan reaksi.

Baca Juga  Sub 08 Sektor 22 Citarum Harum Pembuatan Pupuk Kompos dari Limbah Ternak

“Sungai Citarum dilakukan pengerukan kembali dengan mengunakan alat berat”, katanya.

Menurutnya, dengan dikeruknya sedimen setidaknya dapat membantu mengurangi dampak ketinggian banjir yang kerap dialami masyarakat saat musim penghujan.

“Air Sungai Citarum saat ini surut dan terjadi pendangkalan akibat Sedimentasi. Oleh karena itu, perlu pengerukan Sedimentasi dan memperdalam kembali Sungai Citarum agar potensi banjir dapat teratasi”, jelasnya.

Dilanjutkannya, pengerjaan pengerukan diperkirakan akan panjang dan di beberapa titik. Bahkan, ada bagian sisi sungai yang telah tertutup sedimentasi hampir separuh badan sungai.

Baca Juga  Puasa Tak Jadi Halangan, Sub 01 Sektor 22 Citarum Harum Semangat Angkat Sampah Sungai Cicadas

“Mengingat betapa luasnya pendangkalan, karena dangkalnya sungai Citarum dan kondisinya menyempit. Maka dari itu, alat berat mengangkat tanah endapan dan merapikan bantaran sungai”, tandas Pratu Cakra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *