Atasi Masalah Kotoran Ternak, Sub 08 Sektor 22 Citarum Harum Mengolahnya Jadi Pupuk Kompos

TNI Polri33 Dilihat

Lembang, sekilasbandungraya.com – Upaya mengatasi limbah yang dihasilkan oleh kotoran hewan (Kohe) Satuan Tugas Sektor 22 Citarum Harum Sub 08 terus maksimalkan pembuatan kompos agar bisa lebih dimanfaatkan kembali, bertempat di Kp. Pasirwangi, Desa Gudang Kahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sabtu, 22 Juni 2024.

Nampak dilokasi dengan menggunakan troli Satgas memindahkan kotoran hewan dari kandang ke lokasi pengolahan, untuk dilakukan pengomposan.

Sub 08 yang dipimpin oleh Serma Dodi Candra selalu memberikan motivasi kepada para anggota dan warga yang membantu pengomposan untuk tetap bersemangat dalam menjaga pelestarian lingkungan.

Baca Juga  Mudik Gratis Presisi, Wakapolresta Bandung AKBP Maruly Pardede Lepas 150 Pemudik Rute Jateng

Disela aktivitasnya, Serma Dodi Candra mengatakan, pembuatan kompos sudah menjadi rutinitas kami, selain mengedukasi warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, kami juga ajarkan kepada warga untuk bisa memanfaatkan sumber-sumber yang bisa di olah menjadi nilai ekonomis.

“Warga yang selama ini berperan aktif pembuatan pupuk kompos, ekonominya sedikit terbantu, karena dengan mengolah pupuk, menjadi pencaharian baru bagi warga,” ucapnya.

Namun, sambung Dodi, yang terpenting adalah menyelamatkan lingkungan dari limbah kotoran hewan agar tidak mencemari lingkungan, dan tidak menjadi sumber penyakit.

Baca Juga  Tingkatkan Kinerja Lapangan, Sektor 22 Citarum Harum Rapat Evaluasi

“Bahkan hasilnyapun sangat bermanfaat bagi para petani, selain irit untuk pengeluaran pupuk, hasil menggunakan kompos pun tidak kalah bagusnya dengan pupuk lainnya, walau perkembangannya cukup lamban namun alami tanaman bisa lebih bertahan lama,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *