Korban Gempa Pamarican Mendapat Bantuan Stimulan dari Bupati Ciamis

Pemerintahan118 Dilihat

Kab. Ciamis, Sekilasbandungraya.com – Bencana gempa bumi yang terjadi di Kecamatan Pamarican tahun 2017 lalu telah berdampak pada 1736 rumah warga baik kategori rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan.

Sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Daerah, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meyerahkan bantuan stimulan kepada 738 Kepala Keluarga (KK) korban terdampak bencana yang dilakukan secara terpusat di Aula Kantor Desa Pamarican dan Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican Ciamis, pada Selasa, (21/12/2021).

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ciamis kepada perwakilan korban bencana dengan kategori rusak berat, sedang maupun ringan.

Baca Juga  Peduli Penderita Kanker, Ketua YKI Cabang Ciamis Berikan Sejumlah Bantuan

Dalam sambutanya, Bupati Ciamis mengucapkan permohonan maafnya karena bantuan baru bisa diserahkan kepada para korban pada tahun ini.

“Pada tahun 2019 kami mengusulkan bantuan ke Pemerintah Pusat, namun karena pengajuannya terlambat BNPB tidak bisa menurunkan bantuan, ” ungkap bupati.

Dikatakan bupati, pihaknya sudah menganggarkan untuk bantuan ini di tahun 2020, namun harus terhambat karena pandemi COVID-19 yang mengharuskan adanya refocusing, sehingga baru bisa kembali dianggarkan di APBD 2021.

“Sekalipun terlambat kami berupaya memberikan bantuan stimulan untuk digunakan oleh bapa ibu semua yang terkena bencana alam baik yang rusak berat, sedang maupun ringan,” ucapnya.

Baca Juga  Pemkot Bandung Gelar Bursa Kerja Disabilitas 3 Desember Mendatang

Pemdakab Ciamis merespon bantuan kepada para korban bencana sesuai dengan regulasi yang ada, yakni untuk rusak berat mendapat Rp 5 juta, rusak sedang Rp 2,5 juta dan rusak ringan Rp 1 juta.

“Saya yakin karena bencananya sudah lama, bapa ibu sudah memperbaiki rumahnya masing-masing, bantuan ini hanya sebagai stimulan saja walaupun sedikit mudah-mudahan dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya,” jelasnya.

Bupati menuturkan bantuan tersebut selanjutnya akan ditindak lanjuti melalui Bank BJB dengan tidak ada potongan sepeserpun termasuk untuk biaya adminstrasi.

Baca Juga  Tekan Kekerasan Perempuan dan Anak, Pemkot Bandung Perkuat Peran Puspel PP

Diketahui, penyerahan bantuan tersebut merupakan kali ketiga setelah sebelumnya dilakukan di Desa Bantarsari, Desa Sukahurip dan Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican.

Sementara, Camat Pamarican, Maman Somantri mengatakan sebanyak 738 KK korban bencana gempa mendapat bantuan stimulan dari Pemdakab Ciamis yang terdiri dari lima desa.

“Dari ke 738 KK tersebut terdiri dari  251 KK untuk para korban di Desa Pamarican, 174 KK Desa Bangunsari, sementara untuk Desa Sidaharja, Desa Sukajadi dan Sukamukti sebanyak 313 KK tota 738 KK yang mendapat bantuan hari ini, ” terangnya.

Sumber : Diskominfo Ciamis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *