Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Banjir Bandang di Citengah Sumedang Selatan

Berita86 Dilihat

Sumedang, Sekilasbandungraya.com – Tim SAR Gabungan mengevakuasi 18 warga Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang terjebak banjir yang terjadi Rabu (4/5/2022) malam.

Warga dievakuasi menggunakan tali penyeberangan dan memanfaatkan material yang ada di lokasi. Warga yang dievakuasi dibawa ke rumah RW setempat.

Komandan Tim Rescue Kantor SAR Bandung, Nova Perdiana, menyebutkan arus banjir yang deras menyulitkan proses evakuasi. Penggunaan LCR untuk evakuasi juga tidak memungkinkan karena lokasi bebatuan. Ada pun tinggi muka air pada saat pelaksanaan evakuasi bervariasi hingga 2 meter.

Baca Juga  Sekda Jabar Resmikan Aksara Coffee Berdayakan Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Tim memfokuskan pencarian terhadap satu orang yang terseret arus pada saat banjir berlangsung atas nama Aira Dwi Rahmayunda (13) warga Desa Karangasem Rt 05/01 Kab. Indramayu, Jabar, Kamis (5/5/2022).

Rencana operasi SAR membagi tim menjadi 3 SRU. SRU 1 pencarian dari lokasi kejadian sejauh 2 km ke arah utara, SRU 2 pencarian pinggir sungai sebelah kanan sejauh 2 km ke arah utara dan SRU 3 pencarian pinggir sungai sebelah kiri sejauh 2 km ke arah utara.

Unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Bandung, Polres Sumedang, Damkar Sumedang, Tagana Sumedang, BPBD Sumedang, PMI Kab. Sumedang, Satpol PP Sumedang, Gadamusa, Sumedang Mandiri Rescue, FPRB dan Dinkes Sumedang. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *