Sektor 23 Pembibitan Bersama SEBUMI, Tanam 300 Bibit Pohon Kopi di Lahan Kritis Gunung Wayang

TNI Polri87 Dilihat

KAB BANDUNG, Sekilasbandungraya.com – Dansektor 23 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Wahyu Jiantono S.I.P, menerima pihak SEBUMI untuk melaksanakan kegiatan penanaman di lereng Gunung Wayang desa Tarumajaya Sektor 23/Pembibitan. Minggu (12/12/21).

Penanaman yang bertajuk Wanawasa Project – Situ Cisanti ini di bagi menjadi 2 sasaran, yaitu sasaran pertama di sekitar danau situ cisanti dan kedua di petak 73 di Sektor 23/pembibitan.

Sebanyak 300 bibit pohon kopi arabika ditanam di petak 73 yang berada di wilayah Sektor 23 pembibitan,dipimpin langsung oleh pasiops Lettu Arm sugiyanto.

Baca Juga  Kol Arm. Rully Candrayadi: Keberhasilan Program Citarum Harum Akan Tercapai Jika Pentahelix Berjalan

Dipilih pohon kopi karena disamping bisa dimanfaatkan buahnya, tanaman kopi termasuk jenis tanaman vegetasi yang mampu berperan menahan terpaan derasnya air hujan terhadap permukaan tanah sehingga bisa mencegah erosi dan akarnya mampu mengikat tanah sehingga meminimalisir bahaya longsor.

Dansektor 23 Kol Arh Wahyu Jiantono mengungkapkan, saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian alam di wilayah hulu Daerah Aliran Sungai Citarum khususnya gunung Wayang komplek semakin meningkat.

“Oleh karena itu, dengan program penanaman ini di harapkan tutupan lahan di G.wayang ini semakin maksimal dari waktu ke waktu. Penanaman bibit pohon kopi sangat tepat dilakukan disaat musim penghujan. Hal ini sangat membantu karena perawatan tanaman lebih ringan. Semoga semua tanaman nantinya bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah untuk menambah kesejahteraan masyarakat. Secara periodik nanti kita pupuk dengan pupuk organik yang kandungan nitrogennya cukup supaya pertumbuhan akar dan daunnya maksimal” Ujarnya

Baca Juga  Dansektor 5 Citarum Harum Kol Arm Ruly Chandrayadi Lakukan Peninjauan Di Taman Icon

Iben sebagai personel sebumi sangat mengapresiasi terhadap anggota TNI yang sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan ini.

Menurutnya, dia tidak menyangka bahwa anggota TNI yang tergabung dalam sektor 23 ini mampu menjelaskan tentang cara menanam dan memelihara pohon dengan baik, bahkan anggota TNI bisa menyemai biji sampai menjadi bibit berikut penanaman serta perawatan sampai berbuah secara mandiri.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *