Orientasi Lapangan, Dua Kloter Rombongan dari Bali, Kunjungi Desa Cangkuang Wetan Tinjau TPS3R

TNI Polri14305 Dilihat

Sekilasbandungraya.com, Kab Bandung  – Dalam rangka laksanakan program orientasi lapangan kegiatan peningkatan wawasan dan kapasitas TP. PKK Desa Bongkasa, Abiansemal dan Pemerintah Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali, kunjungan ke Desa Cangkuang Wetan, Dayeuhkolot Kab. Bandung. Jum’at, 7 Juni 2024.

Terpantau rombongan pertama dari Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal sebanyak 51 orang yakni dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Badung Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah B3 (Gusti Ahu Putu) Srisurasti, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Badung Analis Tata Usaha, (Nurhayati, SE), Sekcam Abiansemal (Drs. Ida Bagus Mas Arimbawa, MH.), Kepala Desa Bongkasa (I Ketut Luki), Ketua TP PKK Desa Bongkasa (Ni Nyoman Sunadi), Ketua BPD Bongkasa (I Made Dibia) dan Sekretaris Desa (I Putu Jana).

Sementara rombongan kedua dari Pemerintah Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan hadir, Sekcam Kuta Selatan (I Wayan Sujaka Arianta, S.E.), Ketua BPD (I Nyoman Watra, S.E.), beserta perangkat, Perangkat Perbekel (I Made Karyana Yadnya, S.E.), Sekdes, Kasi, Kaur dan staf, Kadus, Ketua LPM, Ketua TP PKK (Ny. Dewi Fatmawati) dan perangkat, Dinas PMD Kab Badung, (Astari).

Baca Juga  Dansektor 7 Citarum Harum Pengecekan Pembuatan Pos Pantau Oxbow

Hadir menyambut Kades Cangkuang Wetan Asep Kusmiadi, S.Pd.I.,M.Pd., Ketua TP PKK Desa Cangkuang Wetan Tini Sriwahyuni, S.Pd., beserta LKK Desa Cangkuang Wetan, Bumdes Cangkuang Wetan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Usai kunjungan ke lokasi TPS3R mewakili rombongan pertama Kepala Desa Bongkasa I Ketut Luki menyampaikan, pada kunjungan hari ini diharapkan kerjasama antar desa, tidak kalah penting kami bisa melaksanakan kerjasama itu dengan Desa Cangkuang Wetan apalagi memang Desa Cangkuang Wetan berkompeten di bidang ini.

Kami berharap dapat mengolah sampah kemudian bagaimana di olah dengan baik sehingga sampah itu akan bermanfaat dan punya nilai ekonomis serta menyelesaikan nilai sosial, yang barangkali masih belum maksimal tuntas atau kita selesaikan dari pembangunan pingiran desa,” ucapnya.

Baca Juga  Satgas Citarum Harum Sekror 5 Sub 1 Libatkan Para Ibu Ikut Berpartisipasi Jaga Lingkungan Sekitar

Dilanjutkannya, respon kami rasanya sebagai pemilik kewenangan kebijakan yang ada di Desa, akan kami terapkan dan merasakan ini penting di Desa secara umum di Bali khususnya di Kabupaten Badung, Desa Bongkasa merupakan destinasi pariwisata tentunya sampahnya terselesaikan, untuk aman, tertib terkait dengan sampah.

Sementara menurut Kepala Desa Pecatu I Made Karyana Yadnya, mengatakan, banyak hal yang kami dapatkan, inspirasi terkait dengan penanganan sampah sehingga betul-betul menginspirasi kami dalam rangka untuk bagaimana mengolah sampah di Desa Kami Desa Pecatu.

Pihaknya berharap, mudah-mudahan hari ini akan terus kami kembangkan dan tentunya menjadi inspirasi yang memberikan pemahaman kepada kita semua yang ada di Indonesia ini.

Dilokasi yang sama Kades Cangkuang Wetan Asep Kusmiadi mengatakan, Kami di sini punya konsep Managemen Pengolahan Sampah Terpadu Tuntas dan Tepat (MPS3T), dengan pendekatan ke masyarakat yang hari ini memang menjadi PR. Terbukti yang tadi nya 1 RW sekarang sudah 9 RW kemudian Desa luar juga bergabung ke sini. Sebelum ada TPS3R ini sampah liar disetiap RW itu ada di pinggir jalan.

Baca Juga  Dansektor 7 Citarum Harum Pengecekan Juga Membantu Pembersihan Giat Sub 03

“Jadi yang buang sampah lebih banyak yang baik sedikit jadi kita balikan yang baik banyak yang buang sampah sedikit itu lah pola nya. Dengan adanya kunjungan dari Bongkasa ini akan menjadi penguat bagi kami dan menjadi solusi dalam pengolahan sampah ini,” jelas Kades.

Ketua TP PKK Desa Cangkuang Wetan Tini Sriwahyuni menambahkan, tujuannya kesini untuk melihat inovasi TP PKK Desa Cangkuang Wetan yang mungkin akan di aplikasikan di desanya.

“Yang menjadi poin penting beliau tertarik bagaimana sinergitas antara Pemerintahan Desa dengan PKK dalam menuntaskan sampah sesuai dengan prioritas kerja Kades Cangkuang Wetan adalah sampah tuntas di desa, harapannya menyelesaikan permasalahan sampah yang ada dimasyarakat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *