Sejumlah Fasilitas Diperbaiki, Teras Cikapundung Siap Aktif Kembali

Kota Bandung, Sekilasbandungraya.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) akan meresmikan reaktivasi kawasan BBWS Teras Cikapundung atau dikenal dengan Gelaran Mengekspresikan Rindu Cikapundung (Gemericik) pada Minggu, 26 Mei 2024 mendatang.

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, persiapan reaktivasi kawasan BBWS Teras Cikapundung telah siap. Reaktivasi ini untuk mendorong kawasan Teras Cikapundung agar dapat dimaksimalkan menjadi pilihan objek wisata unggulan di Kota Bandung.

Menurutnya, kawasan Teras Cikapundung harus memberikan nilai bagi masyarakat sekitar dan menjadi daya tarik untuk wisata.

“Kami meyakini, pemerintah, masyarakat, juga komunitas, punya cita-cita dapat menikmati suasana di Teras Cikapundung. Kita ingin reaktivasi ini dapat menarik kunjungan wisatawan,” kata Bambang saat memimpin Rapat Persiapan Reaktivasi Teras Cikapundung, Kamis 23 Mei 2024.

Baca Juga  Dukung RSKGM Paripurna, Pemkot Sediakan Lahan Baru Seluas 8.280 Meter Persegi

Selain dinikmati keasriannya, Bambang mengatakan, kawasan Teras Cikapundung juga bisa digunakan masyarakat untuk aktivasi kegiatan. Mulai dari pertunjukkan seni, olahraga (senam), hingga kegiatan diskusi publik.

Ia menilai, kawasan Teras Cikapundung yang begitu luar biasa pada awal masa peresmian perlu ditata kembali agar menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.

“Pemberdayaan masyarakat dalam seluruh kegiatan di Teras Cikapundung harus terus digencarkan. Masyarakat harus punya rasa memiliki dan dilibatkan,” ungkapnya.

Rencananya, reaktivasi tersebut akan diisi berbagai acara mulai dari kegiatan olahraga hingga pertunjukan seni budaya.

Baca Juga  Normalisasi 55 TPS Hampir Selesai, Plh Wali Kota Bandung: Kang Pisman Harus Tetap Bergulir

Ia berharap, dengan reaktivasi ini dapat mengembalikan Teras Cikapundung menjadi ruang publik dan meningkatkan indeks kebahagian masyarakat.

“Mudah-mudahan reaktivasi ini dapat mengembalikan Teras Cikapundung menjadi ruang publik bagi masyarakat dan meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat,” kata Bambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan semua persiapan reaktivasi Teras Cikapundung telah rampung mulai dari parkir, perbaikan fasilitas hingga pengisi acara.

Pemkot Bandung telah menyiapkan kantong parkir di kawasan Forest Walk Babakan Siliwangi (Baksil) maupun di Teras Cikapundung.

Baca Juga  Dari Titiek Puspa Hingga Tim Evos, Ini 18 Peraih Anugerah Ikon Pancasila dan Insan Pancasila 2023

“Semua persiapan telah kita laksanakan dari lintas sektor OPD. Tempat parkir nanti di Baksil. Sementara parkir sepeda motor bisa di lokasi Teras Cikapundung. Kita juga telah menyiapkan zebra cross, penerangan jalan umum (PJU) telah seluruhnya menyala, air mancur juga sudah siap,” kata Didi.

Sebelumnya, Pemkot Bandung bersama komunitas dan masyarakat pecinta alam menggelar bersih-bersih sebagai persiapan Gelaran Mengekspresikan Rindu Cikapundung (Gemericik) di Teras Cikapundung pada 16 Mei 2024 lalu. Sekitar 300 peserta ambil bagian dalam aksi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *