Memperkuat Pertahanan Wilayah Tanah Air

TNI Polri236 Dilihat

Bandung, Sekilasbandungraya.com – Dalam rangka memperkuat pertahanan wilayah tanah air dan memperkokoh wawasan kebangsaan di era milenial yang serba digital. Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan, memberikan ceramah singkat pada kegiatan pelatihan kader dan penyuluhan wawasan kebangsaan yang digelar oleh Kesbangpol Kota Bogor, Jawa Barat.

Hal itu dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, di Taman Pule Kodam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Senin (14/3/2022).

“Benar, Dandim 0606/Kota Bogor, memberikan ceramah singkat kepada 145 peserta pelatihan kader dan penyuluhan wawasan kebangsaan, seusai dibuka oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, pada Senin pagi bertempat di Hotel Green Forest, Jalan RE. Soemantadiredja No. 99 Kota Bogor,” ujarnya.

Baca Juga  Sektor 22 Citarum Harum Sub 08, Atasi Limbah Ternak, Olah Jadi Pupuk Kompos

Dalam sudut pandang militer dan pertahanan, perlu kita ketahui bahwa setiap warga negara tentunya wajib melaksanakan dan keikutsertaannya dalam bela negara.

“Tentunya ini tertuang di dalam undang-undang Dasar 1945 ada di pasal 30 ayat (2) Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung,” terangnya.

Maka dari itu di dalam pertahanan negara ada beberapa hal yang perlu kita ketahui salah satunya beberapa komponen yang bagian dari pertahanan negara yaitu yang pertama komponen utama dan komponen cadangan.

Baca Juga  Sektor 7 Citarum Harum Karbak Gabungan Pembersihan Jalan Inspeksi dan Bantaran Sungai

Dikatakannya juga bahwa selain komponen utama dan komponen cadangan, ada juga komponen pendukung, yaitu diantaranya sumber daya manusia, sumber daya alam baik yang dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui serta sarana dan prasarana yang ada di wilayah.

“Dengan adanya kegiatan tersebut, ini menjadi hal yang penting dan kaitanya dengan ekonomi negara kemudian juga pertahanan negara. Juga, ini adalah upaya memperkuat pertahanan wilayah tanah air yang kita cintai ini,” tukasnya.

Sumber : Pendam III/Siliwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *