Niat, Jadi Kunci Utama Hafal Al-Qur’an

Berita166 Dilihat

Kab. Bandun, Sekilasbandungraya.com – Wisudawan Program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) Provinsi Jawa Barat Yosef Luqman Nugraha mengatakan, kunci utama untuk bisa menghafal Al-Qur’an adalah niat yang kuat dan terus dibina.

“Dengan metode apapun kalau niatnya kurang kuat, maka akan sulit,” kata Yosef  di Hotel Sutan Raja, Soreang Kabupaten Bandung, Senin (31/1/2022).

Yosef sendiri sudah menghafal Al-Qur’an selama delapan tahun. Kini, ia sudah berhasil menghafal 30 juz.

“Jadi sebelum saya ikut program Sadesha, saya sudah menghafal Al-Qur’an, tetapi waktu itu belum mencapai 30 juz. Setelah ikut program Sadesha, baru saya menuntaskan menghafal 30 juz,” ucapnya.

Baca Juga  Jelang Piala Presiden, Pemkot dan Berbagai Elemen Masyarakat Bebersih GBLA

“Minimal saya membaca dua puluh kali balikan per halaman sampai hafal. Tidak ada metode khusus. Lalu ketika sudah hafal, lanjut ke halaman berikutnya sambil mengulang kembali hafalan yang sudah lewat,” imbuhnya.

Menurut Yosef, banyak tantangan dalam menghafal Al-Qur’an, di antaranya sering timbul rasa malas.

“Di situ tantangan terberatnya. Maka, saya lawan rasa malas itu dengan modal niat yang sungguh-sungguh tadi,” kata mahasiswa jurusan desain tersebut.

Setelah diwisuda menjadi hafidz dalam program Sadesha, Yosef berkewajiban menularkan ilmunya di desa tempat tinggalnya dengan merekrut murid.

Baca Juga  Uu : Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Melaksanakan Solat Tarawih Kurang Pas

“Saya sudah punya murid sekitar tujuh belas orang, yang akan dibentuk menjadi hafiz, hafizah,” ucapnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mewisuda 2.000 penghafal Alquran dalam Program Satu Desa Satu Hafidz  atau Sadesha, di Hotel Sutan Raja, Soreang Kabupaten Bandung, Senin (31/1/2022).

“Saya terharu, karena di samping saya bisa meresmikan proyek-proyek infrastruktur yang sifatnya fisik, hari ini akhirnya tercapai wisuda pertama program Sadesha,” tutur Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Sumber : Humas/Diskominfo Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *