Kelurahan Siap Bangkitkan Tahu Cibuntu dengan Inovasi Kekinian

Berita5 Dilihat

Sekilasbandungraya.com – Bandung | Kelurahan Cibuntu, yang dulu dikenal dengan produk tahunya, berencana untuk kembali mempopulerkan tahu sebagai identitas kulinernya.

Meski saat ini tidak ada pabrik tahu yang beroperasi di kawasan tersebut, Lurah Cibuntu, Teguh Furqoni Syahbana, berambisi menghidupkan kembali produk ini dengan konsep yang lebih modern dan inovatif.

Teguh mengungkapkan, salah satu upaya untuk menarik perhatian pasar, khususnya anak-anak, adalah melalui bentuk tahu yang unik, seperti bintang dan boneka.

“Kami ingin membawa tahu Cibuntu kembali populer. Dengan tampilan yang lebih segar dan menarik bagi generasi muda. Ini juga bagian dari upaya kami untuk melibatkan pengusaha muda agar terlibat dalam inovasi produk lokal,” ujarnya di Kelurahan Cibuntu, Kecamatan Bandung Kulon, Kamis, 24 Oktober 2024.

Teguh berencana mendirikan satu pabrik tahu di Cibuntu guna mewujudkan rencana tersebut.

Menurutnya, masyarakat di Cibuntu sangat solid dan mendukung penuh setiap program pengembangan ekonomi yang dilakukan di kelurahan ini.

Kelurahan Cibuntu sendiri terkenal dengan potensi industri rumahan, khususnya di bidang konveksi kaos dan seragam sekolah.

Sentra produksi seragam sekolah yang terletak di Jalan Haji Anwar telah berkembang pesat dan menjadi bagian penting dari ekonomi warga.

Di tengah kepadatan permukiman yang menjadi tantangan, Teguh tetap optimis akan potensi besar kelurahan ini.

Di Kelurahan Cibuntu juga ada “Saung Mang Cucu,” sebuah program yang mengajak anak-anak untuk membaca buku sambil menunggu, guna menumbuhkan minat baca sejak usia dini.

Program ini akan menjadi bagian dari kunjungan rutin sekolah-sekolah lokal ke kelurahan tersebut.

Dengan potensi yang terus berkembang dan inovasi di berbagai sektor, Kelurahan Cibuntu bersiap untuk melangkah maju, menggabungkan tradisi dan inovasi untuk membawa nama Cibuntu kembali dikenal luas, baik di bidang kuliner maupun industri lainnya.