Kembalikan Fungsi Sungai dan Ciptakan Kerapihan, Sub 03 Sektor 22 Citarum Harum Giat Pembersihan

TNI Polri14 Dilihat

Bandung, Sekilasbandungraya.com – Serma Hengky Dansub 03 Sektor 22 Citarum Harun kerahkan anggota dibantu PasGober laksanakan giat pembersihan rumput liar dan pengangkatan sampah di Sungai Citepus RW. 03 Kelurahan Pajajaran, Cicendo, Kota Bandung. Selasa, 9 Juli 2024.

Dalam pelaksanaannya Sub 03 bersama PasGober lakukan pembersihan sepanjang 100 meter dengan hasil sampah yang dapat diangkat sebanyak 2,2 m³.

Dansub 03 Serma Hengky mengatakan pembersihan sungai Citepus ini dilaksanakan sebagai bentuk perawatan rutin untuk memastikan fungsi sungai berjalan dengan baik.

Baca Juga  Wujudkan Kerapihan Bantaran Sungai Citarum, Sektor 7 Sub 1 Pembabadan Rumput Liar

“Pembersihan ini untuk memastikan sungai berfungsi baik dan tidak ada sumbatan dari sampah dan rumput liar yang tersangkut”, ucap Hengky.

Lebih lannjut Hengky menyebutkan, sebagai upaya pencegahan, Satgas Citarum terus menggencarkan pembersihan sungai, dengan memasang jaring sampah pada saluran air.

“Hal ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, sampah atau benda lainnya terbawa air ke sungai”, jelasnya.

Dari hasil kegiatan, Serma Hengky mengatakan, masih ditemukan permasalahan klasik. Yakni masih ditemukannya sampah dan rumput liar yang memenuhi sungai. Kondisi inilah yang biasanya menimbulkan banjir atau luapan air saat hujan turun.

Baca Juga  Dansub 2 Sektor 5 Peltu Ahmad Ajak Para Remaja Aktif Jaga Kebersihan Lingkungan

“Hingga saat ini sampah masih menjadi kendala, sehingga diperlukan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih ke sungai yang menjadi saluran air”, ujarnya.

Untuk itu pada saat komsos, Serma Hengky terus mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainnya. Hal ini mengingat masih memasuki musim hujan.

“Selain menyebabkan air meluap akibat berkurangnya daya tampung sungai, sampah juga akan bergerak menuju muara, jadi masyarakat di mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai atau saluran air”, tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *