Wabup Ciamis Hadiri Acara Panggung Ceria MI Azzahra Cimaragas

Pemerintahan127 Dilihat

Kab. Ciamis, Sekilasbandungraya.com – Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra menghadiri acara panggung ceria Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Azzahra yang bertempat di Desa Beber Kecamatan Cimaragas pada Sabtu (29/01/2022) malam.

Acara tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda tahunan dari MIS Azzahra untuk menampilkan potensi yang dimiliki oleh siswa.

Dalam sambutanya, Wabup Ciamis menyampaikan Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu pendidikan formal dibawah naungan Kementerian Agama yang memiliki peranan penting dalam pengembangan pendidikan Islam.

“Madrasah Ibtidaiyah mempunyai peranan yang sangat strategis karena berkaitan dengan mencetak generasi penerus bangsa,” ucapnya.
Wabup mengimbau kepada pihak sekolah agar tidak hanya fokus pada profit oriented saja namun lebih kepada pendidikan karakter para siswa.

Baca Juga  Presidensi G20, Ridwan Kamil: Jabar Harus Jadi Tuan Rumah yang Baik

“Jangan berfikir bagaimana mendapatkan murid sebanyak-banyak nya, tetapi bagaimana dapat mencetak siswa – siswi yang unggul dan membentuk karakter, ” kata Wabup.

Dikatakan Wabup, anak-anak harus di didik sesuai dengan jamanya sebagaimana yang diajarkan oleh Ali Bin Abi Thalib.

“Ali bin Abi Thalib mengajarkan pada kita untuk mengajari anak-anak kita sesuai dengan jaman nya, dan itu menandakan bahwa ilmu pengetahuan sangat dinamis,” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa cara mendidik anak dibagi kepada 3 tahapan yakni usia 1- 7 tahun, 7 – 14 tahun dan 14 – 21 tahun, dengan pola ajar yang berbeda.

Baca Juga  Gratis! Disdagin Kota Bandung Gelar Pelatihan Menjahit

“Usia 1 – 7 tahun perlakukan mereka seperti raja dengan lemah lembut, usia 7 – 14 tahun perlakukan seperti tawanan agar mereka tahu mana yang benar dan yang salah, terakhir usia 14 -21 tahun perlakukan mereka seperti sahabat, ” jelasnya.

Wabup berharap agar para orang tua dan para tenaga pengajar dapat menerapkan pola ajar tersebut untuk menciptakan generasi penerus yang lebih baik.

“Semoga dengan kegiatan panggung ceria ini dapat menjadi salah satu cara untuk menampilkan potensi para siswa siswi. Karena setiap anak mempunyai potensi, tinggal bagaimana kita mengembangkan potensi tersebut,” katanya.

Baca Juga  Kenang Almarhum Oded, Pakar Komunikasi Sebut Sosok Pemimpin yang Enggan Pencitraan

Sumber : Diskominfo Kab Ciamis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *